Hj. Airin: Daur Ulang Sampah Bermanfaat Secara Ekonomi dan Ekologi Sekaligus

Proses Awwalnya Nabung Sampah di T'AS dulu Yuk!!

Sabtu, 03 April 2010 12:03 redaksi


Ciputat-- Mendaur ulang sampah memiliki manfaat ganda. Selain manfaat lingkungan tetap bersih dan asri, daur ulang juga bermanfaat secara ekonomi. Dengan daur ulang kita bisa menjadikan sampah menjadi pupuk untuk lahan pertanian dan dengan daur ulang kita bisa ciptakan lapangan pekerjaan. Tidak hanya itu, bahkan hasilnya bisa kita jual. Bisa dibayangkan, betapa besar manfaat daur ulang sampah bagi kemajuan ekonomi dan pemeliharaan ekologi.

Pandangan seperti itulah yang membuat Hj. Airin tidak kenal lelah mengajak, membina, melatih, dan memberikan alat-alat daur ulang sampah pada masyarakat. “Asalkan mau kreatif, sampah-sampah itu sebenarnya bisa dimanfaatkan dan bahkan bisa menghasilkan uang. Tutur Hj. Airin Rachmi Diany dalam acara pelatihan dan pemberian alat daur ulang sampah menjadi kompos, di kecamatan Pondok Aren, jumat (02/03).

Dalam sambutannya, Hj. Airin mengajak masyarakat bekerja sama menjaga lingkungan terbebas dari sampah dengan cara ikut berpartisipasi dalam program mendaur ulang sampah menjadi kompos. Dengan berperan aktif, masyarakat bisa mengembangkan kreatifitasnya dalam berkarya. Dan tentunya dari ini semua bisa meghasilkan atau membuka lapangan pekerjaan baru. Karena dari sampah-sampah yang telah di daur ulang bisa menghasilkan uang.

Muslih (34), ketua Pemuda Pancasila Kecamatan Kota tangsel, salah satu penerima sertifikat pelatihan mendaur ulang sampah yang diberikan oleh Hj. Airin Rachmi Diany, sangat terharu dengan pelatihan itu dan komitmen Hj. Airin. Muslih mengaku baru merasa terbuka pikirannya, bahwa sebenarnya sampah yang selama ini ia kira sudah tidak berguna lagi, ternyata bisa menghasilkan rupiah.

Daur ulang adalah sesuatu yang luar biasa yang bisa didapatkan dari sampah. Proses daur ulang alumunium dapat menghemat 95% energi dan mengurangi polusi udara sebanyak 95% jika dibandingkan dengan ekstraksi alumunium dari tambang hingga prosesnya di pabrik. Penghematan yang cukup besar pada energi juga didapat dengan mendaur ulang kertas, logam, kaca, dan plastik.(pit)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mu'min Yang Satu Dengan Mu'min Yang Lain Bagaikan Bangunan

Beramal Sebelum Datang Tujuh Perkara

DEFINISI OFFICE BOY