Meneg LH: Bank Sampah Bermanfaat, Mampu Serap Jutaan Tenaga Kerja

Nabung Sampah Jangan Di Tunda-Tunda

Minggu, 13 Mei 2012 - 07:24 ·

Bank Sampah


Medan, Seruu.Com - Menteri Negara Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya mengungkapkan bank sampah di Indonesia menghasilkan pendapatan sekitar Rp1,7 miliar dan mampu menyerap lebih dari satu juta tenaga kerja.

"Keberadaan bank sampah memiliki manfaat sangat besar sekali. Selain menciptakan lingkungan yang bersih, bank sampah juga membantu ekonomi masyarakat," katanya saat meresmikan pengoperasian Bank Sampah Mutiara di Medan, Sumatra Utara, Sabtu (12/5).

Dengan diresmikannya Bank Sampah Mutiara ini, maka jumlah seluruh bank sampah yang ada di Indonesia kini menjadi 477 unit, katanya.

Menurut dia, keberhasilan bank sampah sangat tergantung pada kemampuan pengelola, terutama masyarakat di sekitar tempat berdirinya bank sampah tersebut. Untuk itu, keberadaan bank sampah perlu terus disosialisasikan. "Dengan begitu, masyarakat benar-benar memanfaatkan bank sampah ini," katanya.

Ia optimistis, jika bank sampah berjalan sesuai dengan harapan, seluruh sampah warga sekitarnya akan bisa teratasi. Malah tidak tertutup kemungkinan untuk mendapatkan sampah, bank sampah terpaksa harus mengimpor sampah dari wilayah maupun kota lainnya agar terus beroperasi. "Inilah tujuan didirikannya bank sampah," katanya menegaskan.

Atas dasar itulah, dia mengingatkan untuk tidak memandang sampah sebagai lawan, tetapi jadikanlah sebagai kawan karena saat ini dapat digunakan dan dimanfaatkan. Dengan demikian, lanjut dia, sampah yang ada tidak lagi dibuang dengan percuma karena sesungguhnya mengandung potensi ekonomi kerakyatan yang cukup tinggi.

"Bank sampah dapat memberikan hasil nyata bagi masyarakat dalam bentuk peluang kerja, penghasilan tambahan bagi pegawai bank sampah, dan masyarakat penabung sampah," ujarnya. [ant]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mu'min Yang Satu Dengan Mu'min Yang Lain Bagaikan Bangunan

Beramal Sebelum Datang Tujuh Perkara

DEFINISI OFFICE BOY