Rentenir Kuasai Pasar Tradisional

BANDUNG, (PRLM).– Keberadaan rentenir di beberapa Pasar Tradisional di Kota Bandung semakin merajalela. Banyak di antara pedagang yang terjerat aktivitas rentenir tersebut.
"Kalau kondisi itu terus dibiarkan akan banyak pedagang yang menjadi korban. Dari itulah PD Pasar Bermartabat siap untuk memfasilitasi pedagang agar bisa mengakses pinjaman ke bank," kata Dirut PD Pasar Bermartabat, Rinal Siswadi saat ditemui di kantornya, Jalan Sederhana, Senin (29/10).
Rinal menyatakan pihaknya kini sudah melakukan MoU dengan BTN Syariah. Untuk langkah pertama melakukan kerjasama untuk pungutan retribusi secara online. Kemudian melalui kerjasama itu kedepan akan ada fasilitas pinjaman untuk warga pedagang.
Rinal menyatakan banyak pedagang yang terjerat dengan rentenir, namun diharapkan dengan adanya pinjaman dari bank bisa memotong mata rantai rentenir.
“Sudah menjadi hal lumrah bila pedagang banyak yang meminjam ke rentenir karena selain cepat prosesnya juga tidak ribet. Tapi disini ruginya bunga yang dikenakan pun sangat tinggi, untuk itu dengan MoU ini bisa menekan bahkan memutus mata rantainya karena kita minta kepada mereka agar memberikan bunga yang rendah,” katanya.
Rinal pun menegaskan semua proses permintaan bantuan kepada BTN Syariah pun sepenuhnya akan dibantu oleh PD Pasar Bermatabat. “Kami disini hanya menjadi fasilitator saja yang menghubungkan antara pedagang dan BTN Syariah. Karena dengan dibantunya pedagang maka kinerja kita pun akan meningkat,” katanya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mu'min Yang Satu Dengan Mu'min Yang Lain Bagaikan Bangunan

Beramal Sebelum Datang Tujuh Perkara

DEFINISI OFFICE BOY